Pengantar pendidikan MANUSIA DAN PENDIDIKAN

PENGANTAR PENDIDIKAN


MANUSIA DAN PENDIDIKAN

A.     HAKEKAT MANUSIA DAN PENGEMBANGANNYA
Manusia berasal dari kata “manu” (Sansekerta) , “mens” (Latin) yang artinya berfikir, berakal budi atau homo, yang Berarti manusia.
Menurut istilah manusia adalahmakhluk hidup yg me miliki akal budi dan berpontensi untuk terus melakukan pengembngan.
Manusiapun sejak dari lahir selalu mengalami perubahan baik itu perubahan fisik maupun psikologisnya. Dibeberapa teori menjelaskan bahwa manusia itu adalah keturunan dari hewan (Kera) yang disebut manusia purba. Teori tersebut masih mengundang pro dan kontra di masyarakat disiplin ilmu. Hakikat manusia itu adalah orang mampu berkembang dari waktu kewaktu dengan mempelajari pengalaman dan ilmu yg diperoleh, dengan kata lain manusia itu makhluk yang senang berfikir. Dengan adanya pengertian itu dan di hubungkan dengan sejarah peradapan manusia, tidak bisa dielakan lagi bahwa manusia membutuhkan pendidikan. pendapat ini dinyatakan oleh setiap individu dan masyarakat disetiap bangsa atau negara beradap.
Kedudukan manusia dalam klasifikasi makhluk hidup dapat dilihat pada gambar 1.1 berikut ini.
Dunia                                                                                    Binatang
    Phylum                                                                                  Chordata
         Kelas                                                                                            Mamalia
                Orde                                                                                            Primata
                    Familia                                                                                          Hominidae
                        Genus                                                                                               Homo
                                Spesies                                                                                          Sapiens


 
 









Gambar 1.1
Tempat manusia dalam klasifikasi makhluk hidup

Apa Yang Membedakan Manusia dengan Mahluk lain?

Menurut Tirtarahardja dan Sulo ( 2005:17 ), manusia mempunyai wujud sifat hakikat ( yang tidak dimiliki oleh binatang ) diantaranya :

1.      Kemampuan Menyadari Diri
Kunci perbedaan manusia dengan hewan adalah adanya kemampuan  menyadari diri pada manusia.
Manusia menyadari bahwa karakteristik diri Sehingga manusia dapat membedakan dirinya dengan aku-aku yang lain, dan non aku.
(Umar T dan La Sulo, 2005).

2.      Kemampuan Bereksistensi
Kemampuan menerobos ruang dan waktu. Tidak terbelenggu oleh ruang/ tempat dan waktu Sehingga manusia memiliki unsur kebebasan.  Adanya manusia bukan berada seperti hewan dan tumbuh-tumbuhan,  melainkan meng-ada di muka bumi (dwijarkara).

3.      Pemilik Kata Hati
Kata hati/conscience of man sering disebut dengan  hati nurani, lubuk hati, suara hati, pelita hati dsb.          
Manusia memiliki pengertian yang menyertai  tentang apa yang akan, yang sedang, dan yang telah diperbuatnya.Kemampuan membuat keputusan tentang yang  baik/benar, yang buruk/salah bagi manusia  sebagai manusia.
(Umar T, La Sulo, 2005).

4.      Moral
Moral yang sinkron dengan kata hati yang tajam yaitu yang  benar benar baik bagi manusia sebagai manusia merupakan moral yang  baik atau moral yang tinggi (luhur).  Perbuatan yang tidak sinkron dengan kata hati yang tajam atau  realisasi dari kata hati yang tumpul  disebut moral yang buruk atau moral yang rendah (asor) atau lazim  dikatakan tidak bermoral.
Seseorang dikatakan bermoral tinggi karena ia menyatukan diri dengan nilai-nilai yang tinggi, serta segenap perbuatannya  merupakan peragaan dari nilai-nilai yang tinggi tersebut.
(Umar T, La Sulo, 2005).

5.      Kemampuan Bertanggung  Jawab
Kesediaan untuk menanggung segenap akibat perbuatan yang menuntut  yang  bertanggung jawab
Wujud bertanggung jawab ini ada tiga:  
        1) Tanggumng jawab kepada diri-sendiri
       2) Tanggung jawab kepada masyarakat
        3) Tanggung jawab kepada Tuhan
Ada hubungan erat antara kata hati, moral, dan tanggung jawab

6.      Rasa Kebebasan ( kemerdekaan )
Merdeka adalah rasa bebas (tidak terikat oleh sesuatu), tetapi sesuai  dengan tuntutan kodrat manusia.  Bebas tetapi terikat oleh kodrat manusia.    
Kemerdekaan dalam arti sebenarnya memang dalam keterikatan.   Artinya bebas berbuat sepanjang tidak bertentangan dengan tuntutan  kodrat manusia. 
Orang hanya mungkin merasakan kebebasan batin apabila ikatan telah   menyatu dengan dirinya. Dan menjiwai segenap perbuatannya.   Kata lain” ikatan luar yang membelenggu telah berubah menjadi  ikatan dalam yang menggerakkan.
(Umar T, La Sulo, 2005).

7.      Kewajiban dan Hak
 Kewajiban dan hak dua macam gejala sebagai manifestasi manusia sebagai makhluk sosial. Tak ada hak tanpa kewajiban.dan Kewajiban ada karena ada hak  yang harus dipenuhi.

8.      Kemampuan Menghayati Kebahagiaan
Kebahagiaan sebagai hasil perpaduan dari pengalaman yang menyenangkan dengan
yang pahit dan antara proses dengan hasil.









B.     PENDIDIKAN
Pendidikan adalah usaha menarik sesuatu didalam manusia sebagai upaya memberikan pengalaman – pengalaman belajar terprogram  dalam bentuk pendidikan formal, non formal dan informal disekolah, dan luar sekolah, yang berlangsung seumur hidup yang bertujuan optimalisasi kemampuan – kemampuan individu agar dikemudian hari dapat memainkan peranan hidup secara tepat.

Pandangan Pendidikan
Ki Hadjar Dewantara : Pendidikan itu ( termasuk pengajaran ) bagi tiap – tiap bangsa berarti pemeliharaan guna mengembangkan benih turunan dari bangsa itu agar dapat berkembang dengan sehat lahir batin. Untuk itu, manusia – individu harus dikembangkan jiwa raganya dengan menggunakan segala alat pendidikan adat istiadat rakyat.
George F Kneller, dalam bukunya: Foundations of Education
a.       Arti luas: suatu tindakan atau pengalaman yang mempunyai pengaruh yang berhubungan dengan pertumbuhan & perkembangan pikiran, watak atau kemampuan fisik individu.
b.      Arti hasil: apa yang kita peroleh melalui belajar; pengetahuan, nilai-nilai dan ketrampilan-ketrampilan.

Unsur – unsur pendidikan
1.      Kurikulum
Adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
2.      Pesrta Didik
Anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu.
3.      Interaksi Edukatif
Proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
4.      Pendidiktenaga kependidikan yang berkualikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan.
5.      Isi Pendidikan
Materi – materi dalam proses pembelajaran
6.      Lingkungan Pendidikan
Sering dijabarkan dengan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Manfaat Pendidikan
o   Membentuk pribadi yang beriman & bertaqwa kepada Tuhan YME.
o   Membentuk tenaga pembangunan yang ahli  dan trampil.
o   Melestarikan nilai-nilai yang dijunjung  tinggi oleh masyarakat, bangsa & negara.
o   Mengembangkan nilai-nilai baru.
o   Jembatan masa lampau, masa kini dan masa depan









REFERENSI
Buku Pengantar Pendidikan, Triwiyanto Teguh
http ://fanidiamanti.com/2012/10/hakekat-manusia-dan-pendidikan.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lesson Plan (RPP) about English Vocabulary for Elementary School

INTRODUCTION MY LOVELY SISTER

WOW!! Teknologi Australia Membangun Jalan Ini Super Canggih Dan Bikin iri